Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
K elas : XI IPA 2
Nama : Susarti.S.Pd
KD : 3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktualyang disajikan dalam ceramah.
Tujuan Pelajaran : - Memahami menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual,rasa ingin tahunya tentang ilmu pegetahuan pada bidang kajian materi teks ceramah yang soesifik sesuai dengan bakat dan minatnnya untuk memecahkan masalah.
: - Mengola,menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah terkait dengan pengembangan diri materi teks ceramah yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ke ilmuan.
Assalamualaikum wr wb
selamat pagi,semoga pada sehat selalu ya anak - anakku bagaimana hasil PTS kemarain ? kalau udah berhasil pertahankan yang belum makin rajin lagi belajaranya ya nak ? semagat selalu.Nah untuk hari ini kita melajutkan materi kemarin ya nak.
Materi :
1.Menganalisisis Struktur dalam Ceramah
Teks ceramah dibagi menjadi tiga bagian struktur teks,yaitu pembuka,isi,dan penutup,penjelasannya adalah sebagai berikut.
A.Pembuka
Pembuka mengenalkan isu,masalah ataupun pandangan pembicara tentang sesuatu dalam topik yang akan dibahas.Bagian pembuka ini dapat disebut juga dengan tesis.
B Isi
Bagian ini merupakan rangkaian argumen atau pendapat yang disampaikan oleh pembicara mengenai topik yang diangkat menjadi bahan materi ceramah.Bagian ini saling berkaitan dengan bagian sebelumnya yaitu tesis .Pada bagian ini argumen - argumen pembicaradiperkuat dengan fakta yang ada.Cara menentukan isi ceramah adalah dengan cara mencermati kalimat pembuka dan isi ceramah dengan saksama.Kemudian,tentukan masalahatau ide pokok dalam ceramah tersebut.
C. Penutup
Bisa juga disebut penengasan ulang kembali..Bagian penutup berisi simpulan atau rangkuman - rangkuman sebagai hasil penalaran dari pernyataan - penyataan sebelumnya.
2.Menganalisis Kebahasaan dalam Ceramah
Berikut ciri kebahasaan dalam teks ceramah.
a. Menggunakan kata ganti orang pertama dan kata ganti orang kedujamak. sebagai sapaan.Kata ganti orang pertama yakni saya,aku,mungkin juga kami apabila penceramahnya mengatas namakan kelompok.Selain itu juga menggunakan kata sapaan yang ditujukan untuk orang banyak, seperti,kalian,saudara,bapak - bapak dan ibu - ibu dan sebagainya.
b. Menggunakan istilah teknis sesuaidengan topik ceramah.
c.Menggunakan kata - kata yangmenunjukkan hubungan argumentasi (sebab akibat).Misannya jika..,maka,sebab,karena,dengan demikian,akibatnya,oleh karena itu.
d. Menggunakan kata kerja mental.
e.Menggunakankata - kata persuasif.
Nah ini materi hari ini silakan pindakan ke buku catatan bahasa indonesia.
Pesan ibu satu : Rajin pakal pandai.
Wassalamualaikum wr wb.
Helmy Elisa putri
BalasHapusXI IPA 2
Nia aprilliana XI IPA 2
BalasHapusFitri gautari
BalasHapusxi ipa 2
Ahmad Rizqi Aji Jaya
BalasHapusXI IPA 2
Indah Maharani
BalasHapusXI IPA 2
Marischa Alya
BalasHapusXI IPA 2
aldino revaldi
BalasHapusXI IPA 2
Muhammad Marshall
BalasHapusXI IPA 2
Marsha Dwita Paristy
BalasHapusXI IPA 2
Mira Tantia
BalasHapusXI IPA 2
Mohammad Fadli Setiawan
BalasHapusXI IPA 2
Muhammad Haikal
BalasHapusXI IPA 2
danang Priambudi
BalasHapusXI IPA 2
Musyafa Naufal hazim
BalasHapusXI IPA 2
Vadia Camila
BalasHapusXI IPA 2
Surya Fadillah Sukri
BalasHapusXI IPA 2
Nafisah Afrah B.
BalasHapusXI Ipa 2
prema kusherawati
BalasHapusXI ipa 2
Nanda nishappy permata rindu
BalasHapusXI IPA 2
Winda Oktavia
BalasHapusXI IPA 2
Ravi Andradisa Athallahfaiq
BalasHapusXI IPA 2
Sabrina marjiani
BalasHapusXI IPA 2
Risdiana
BalasHapusXI IPA 2
shintia maharani
BalasHapusxi ipa 2
Tami Aurelia Putri
BalasHapusXI IPA 2
Yudha Prasetya Utama
BalasHapusXI IPA 2
Naila anggraini
BalasHapusxi ipa 2
Nimas Ayu Laeli Nur Isnaini
BalasHapusXI IPA 2
Safana zahra jannati
BalasHapusXI IPA 2