Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
K elas : XI IPA 5
Nama : Susarti.S.Pd
KD : 3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktualyang disajikan dalam ceramah.
Tujuan Pelajaran : - Memahami menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual,rasa ingin tahunya tentang ilmu pegetahuan pada bidang kajian materi teks ceramah yang soesifik sesuai dengan bakat dan minatnnya untuk memecahkan masalah.
: - Mengola,menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah terkait dengan pengembangan diri materi teks ceramah yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ke ilmuan.
Assalamualaikum wr wb
selamat pagi,semoga pada sehat selalu ya anak - anakku bagaimana hasil PTS kemarain ? kalau udah berhasil pertahankan yang belum makin rajin lagi belajaranya ya nak ? semagat selalu.Nah untuk hari ini kita melajutkan materi kemarin ya nak.
Materi :
1.Menganalisisis Struktur dalam Ceramah
Teks ceramah dibagi menjadi tiga bagian struktur teks,yaitu pembuka,isi,dan penutup,penjelasannya adalah sebagai berikut.
A.Pembuka
Pembuka mengenalkan isu,masalah ataupun pandangan pembicara tentang sesuatu dalam topik yang akan dibahas.Bagian pembuka ini dapat disebut juga dengan tesis.
B Isi
Bagian ini merupakan rangkaian argumen atau pendapat yang disampaikan oleh pembicara mengenai topik yang diangkat menjadi bahan materi ceramah.Bagian ini saling berkaitan dengan bagian sebelumnya yaitu tesis .Pada bagian ini argumen - argumen pembicaradiperkuat dengan fakta yang ada.Cara menentukan isi ceramah adalah dengan cara mencermati kalimat pembuka dan isi ceramah dengan saksama.Kemudian,tentukan masalahatau ide pokok dalam ceramah tersebut.
C. Penutup
Bisa juga disebut penengasan ulang kembali..Bagian penutup berisi simpulan atau rangkuman - rangkuman sebagai hasil penalaran dari pernyataan - penyataan sebelumnya.
2.Menganalisis Kebahasaan dalam Ceramah
Berikut ciri kebahasaan dalam teks ceramah.
a. Menggunakan kata ganti orang pertama dan kata ganti orang kedujamak. sebagai sapaan.Kata ganti orang pertama yakni saya,aku,mungkin juga kami apabila penceramahnya mengatas namakan kelompok.Selain itu juga menggunakan kata sapaan yang ditujukan untuk orang banyak, seperti,kalian,saudara,bapak - bapak dan ibu - ibu dan sebagainya.
b. Menggunakan istilah teknis sesuaidengan topik ceramah.
c.Menggunakan kata - kata yangmenunjukkan hubungan argumentasi (sebab akibat).Misannya jika..,maka,sebab,karena,dengan demikian,akibatnya,oleh karena itu.
d. Menggunakan kata kerja mental.
e.Menggunakankata - kata persuasif.
Nah ini materi hari ini silakan pindakan ke buku catatan bahasa indonesia.
Pesan ibu satu : Rajin pakal pandai.
Wassalamualaikum wr wb.
Natasyah Amanda Novi Syafitri
BalasHapusXI IPA 5
Chintia Indri audina
BalasHapusXI IPA 5
Daffa alpattah dhenata
BalasHapusXI IPA 5
Lidia Nabela
BalasHapusXI IPA 5
Benardy Fatih Wicaksono
BalasHapusXI IPA 5
Alya Aida Salma
BalasHapusXI IPA 5
HapusAzianisa Eka Al Yhasa
BalasHapusXI IPA 5
Dhita Octarina
BalasHapusXI IPA 5
Amanda Intan
BalasHapusXI IPA 5
Nuzula Ratu Lediana
BalasHapusXI IPA 5
Nana Marsanda
BalasHapusXI IPA 5
Mutiara Ajeng
BalasHapusXI IPA 5
M. Dany Nurdin
BalasHapusXI IPA 5
Tristia Mei Rinanda
BalasHapusXi IPA 5
Rdia permatasari
BalasHapusXI ipa 5
M.steven Aditya Maryono
BalasHapusXI IPA 5
Wahyu Dwi Iswantoro
BalasHapusXI IPA 5
Zidan Habib
BalasHapusXI IPA 5
Rafa Muhammad Rayhan
BalasHapusXI IPA 5
Ridho Bagas Prayoga
BalasHapusXI IPA 5
Nensi ervila putri
BalasHapusXi ipa 5
Miqdam nabil
BalasHapusXI IPA 5