Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
K elas : XI IPA 3
Nama : Susarti.S.Pd
KD : 3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktualyang disajikan dalam ceramah.
Tujuan Pelajaran : - Memahami menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual,rasa ingin tahunya tentang ilmu pegetahuan pada bidang kajian materi teks ceramah yang soesifik sesuai dengan bakat dan minatnnya untuk memecahkan masalah.
: - Mengola,menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah terkait dengan pengembangan diri materi teks ceramah yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ke ilmuan.
Assalamualaikum wr wb
selamat pagi,semoga pada sehat selalu ya anak - anakku bagaimana hasil PTS kemarain ? kalau udah berhasil pertahankan yang belum makin rajin lagi belajaranya ya nak ? semagat selalu.Nah untuk hari ini kita melajutkan materi kemarin ya nak.
Materi :
1.Menganalisisis Struktur dalam Ceramah
Teks ceramah dibagi menjadi tiga bagian struktur teks,yaitu pembuka,isi,dan penutup,penjelasannya adalah sebagai berikut.
A.Pembuka
Pembuka mengenalkan isu,masalah ataupun pandangan pembicara tentang sesuatu dalam topik yang akan dibahas.Bagian pembuka ini dapat disebut juga dengan tesis.
B Isi
Bagian ini merupakan rangkaian argumen atau pendapat yang disampaikan oleh pembicara mengenai topik yang diangkat menjadi bahan materi ceramah.Bagian ini saling berkaitan dengan bagian sebelumnya yaitu tesis .Pada bagian ini argumen - argumen pembicaradiperkuat dengan fakta yang ada.Cara menentukan isi ceramah adalah dengan cara mencermati kalimat pembuka dan isi ceramah dengan saksama.Kemudian,tentukan masalahatau ide pokok dalam ceramah tersebut.
C. Penutup
Bisa juga disebut penengasan ulang kembali..Bagian penutup berisi simpulan atau rangkuman - rangkuman sebagai hasil penalaran dari pernyataan - penyataan sebelumnya.
2.Menganalisis Kebahasaan dalam Ceramah
Berikut ciri kebahasaan dalam teks ceramah.
a. Menggunakan kata ganti orang pertama dan kata ganti orang kedujamak. sebagai sapaan.Kata ganti orang pertama yakni saya,aku,mungkin juga kami apabila penceramahnya mengatas namakan kelompok.Selain itu juga menggunakan kata sapaan yang ditujukan untuk orang banyak, seperti,kalian,saudara,bapak - bapak dan ibu - ibu dan sebagainya.
b. Menggunakan istilah teknis sesuaidengan topik ceramah.
c.Menggunakan kata - kata yangmenunjukkan hubungan argumentasi (sebab akibat).Misannya jika..,maka,sebab,karena,dengan demikian,akibatnya,oleh karena itu.
d. Menggunakan kata kerja mental.
e.Menggunakankata - kata persuasif.
Nah ini materi hari ini silakan pindakan ke buku catatan bahasa indonesia.
Pesan ibu satu : Rajin pakal pandai.
Wassalamualaikum wr wb.
Dina Nurmala Hayati
BalasHapusXI IPA 3
Ahmat Andri Firmansyah
BalasHapusXI IPA 3
Nabila Putri Selina
BalasHapusXI IPA 3
Azka lulu fatikah
BalasHapusXI IPA 3
Ayu undari
BalasHapusXI ipa 3
Farrel eka sampurna
BalasHapusXI IPA 3
jeani dwi aulia
BalasHapusXI IPA 3
Bunga Sri Wulandari
BalasHapusXI IPA 3
Kharisma Mustika Sari
BalasHapusXI IPA 3
Alya anugrah ningtyas
BalasHapusXI IPA 3
Haikal rasya abdul m
BalasHapusXI IPA 3
Ammar Faishal
BalasHapusXi ipa 3
Yunita Sari
BalasHapusXI IPA 3
Iqbal Rahman Bakri
BalasHapusXI IPA 3
Najwa Dian Azzahra
BalasHapusXI IPA 3
Nila Oktavia
BalasHapusXI IPA3
Nanda Gholamul Faizi
BalasHapusXI IPA 3
Zahra choirunnisa
BalasHapusXI IPA 3
Putri oktavia
BalasHapusXI IPA 3
Tiara intan
BalasHapusXI IPA 3
Nelly Ariefiani Lako
BalasHapusXI IPA 3
Nabila Nurlistanti
BalasHapusXI IPA 3
Sanes Nata Negara
BalasHapusXI IPA 3
Syahrialdi Rachim Akbar
BalasHapusXI IPA 3
Naya Farikhah
BalasHapusXI IPA 3
Tiur Aulia Madhany
BalasHapusXI IPA 3