ata Pelajaran : Bahasa Indonesia
K elas : XI IPA 4
Nama : Susarti.S.Pd
KD : 3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktualyang disajikan dalam ceramah.
Tujuan Pelajaran : - Memahami menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual,rasa ingin tahunya tentang ilmu pegetahuan pada bidang kajian materi teks ceramah yang soesifik sesuai dengan bakat dan minatnnya untuk memecahkan masalah.
: - Mengola,menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah terkait dengan pengembangan diri materi teks ceramah yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ke ilmuan.
Assalamualaikum wr wb
selamat pagi,semoga pada sehat selalu ya anak - anakku bagaimana hasil PTS kemarain ? kalau udah berhasil pertahankan yang belum makin rajin lagi belajaranya ya nak ? semagat selalu.Nah untuk hari ini kita melajutkan materi kemarin ya nak.
Materi :
1.Menganalisisis Struktur dalam Ceramah
Teks ceramah dibagi menjadi tiga bagian struktur teks,yaitu pembuka,isi,dan penutup,penjelasannya adalah sebagai berikut.
A.Pembuka
Pembuka mengenalkan isu,masalah ataupun pandangan pembicara tentang sesuatu dalam topik yang akan dibahas.Bagian pembuka ini dapat disebut juga dengan tesis.
B Isi
Bagian ini merupakan rangkaian argumen atau pendapat yang disampaikan oleh pembicara mengenai topik yang diangkat menjadi bahan materi ceramah.Bagian ini saling berkaitan dengan bagian sebelumnya yaitu tesis .Pada bagian ini argumen - argumen pembicaradiperkuat dengan fakta yang ada.Cara menentukan isi ceramah adalah dengan cara mencermati kalimat pembuka dan isi ceramah dengan saksama.Kemudian,tentukan masalahatau ide pokok dalam ceramah tersebut.
C. Penutup
Bisa juga disebut penengasan ulang kembali..Bagian penutup berisi simpulan atau rangkuman - rangkuman sebagai hasil penalaran dari pernyataan - penyataan sebelumnya.
2.Menganalisis Kebahasaan dalam Ceramah
Berikut ciri kebahasaan dalam teks ceramah.
a. Menggunakan kata ganti orang pertama dan kata ganti orang kedujamak. sebagai sapaan.Kata ganti orang pertama yakni saya,aku,mungkin juga kami apabila penceramahnya mengatas namakan kelompok.Selain itu juga menggunakan kata sapaan yang ditujukan untuk orang banyak, seperti,kalian,saudara,bapak - bapak dan ibu - ibu dan sebagainya.
b. Menggunakan istilah teknis sesuaidengan topik ceramah.
c.Menggunakan kata - kata yangmenunjukkan hubungan argumentasi (sebab akibat).Misannya jika..,maka,sebab,karena,dengan demikian,akibatnya,oleh karena itu.
d. Menggunakan kata kerja mental.
e.Menggunakankata - kata persuasif.
Nah ini materi hari ini silakan pindakan ke buku catatan bahasa indonesia.
Pesan ibu satu : Rajin pakal pandai.
Wassalamualaikum wr wb.
Elisa Anggraini
BalasHapusXI ipa 4
Charina Shelviani
BalasHapusXI IPA 4
Andini Rahma Kemala
BalasHapusXI IPA 4
Aryo Bagaskoro R
BalasHapusXI IPA 4
Delta Atita
BalasHapusXI IPA 4
Angken Kesuma Dewi
BalasHapusXI IPA 4
Hani Gita Salsabila
BalasHapusXI IPA 4
Ahmed Desta sandriko musdazasulin
BalasHapusXI IPA 4
Artika zahra a.s
BalasHapusXI ipa 4
Dandi Junaedi
BalasHapusXI IPA 4
Bulan Nabila Maharani
BalasHapusXI IPA 4
Calista Manda Widyapalastri
BalasHapusXI IPA 4
Jihan Mutia A.
BalasHapusXI IPA 4
Ambun Putri qatrunada
BalasHapusXi ipa 4
Adhitya septian nugroho
BalasHapusXI IPA4
Jernicho Alvindo XIipa4
BalasHapusAlifia zahrah bilqiis
BalasHapusXI ipa 4
Sabrina Chantika Putri
BalasHapusXI IPA 4
Nurul ismania
BalasHapusXI IPA 4
Najwa Syahirah R.
BalasHapusXI IPA 4
Nadira isaura
BalasHapusXi IPA 4
Tiffany Wahdamevia
BalasHapusXI IPA 4
Joko Prayogo
BalasHapusXI IPA 4
Yulia kamila
BalasHapusXI ipa 4
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTri Febrianto
BalasHapusXI IPA 4
Nazwa Andini
BalasHapusXI IPA 4
Noval bagas satria
BalasHapusXI IPA 4
Shani raka abdullah
BalasHapusPutri Aprilia
BalasHapusXI IPA 4
Qinthara Farrasalya Dermawan
BalasHapusXI IPA 4
MICHA DAMAYANTI
BalasHapusXI IPA 4
Zeki Dimas Saputra XI IPA 4
BalasHapusMuhammad Rizki Maulana XI IPA 4
BalasHapus