Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
K elas : XI IPS 1
Nama : Susarti.S.Pd
KD : 3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktualyang disajikan dalam ceramah.
Tujuan Pelajaran : - Memahami menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual,rasa ingin tahunya tentang ilmu pegetahuan pada bidang kajian materi teks ceramah yang soesifik sesuai dengan bakat dan minatnnya untuk memecahkan masalah.
: - Mengola,menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah terkait dengan pengembangan diri materi teks ceramah yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ke ilmuan.
Assalamualaikum wr wb
selamat pagi,semoga pada sehat selalu ya anak - anakku bagaimana hasil PTS kemarain ? kalau udah berhasil pertahankan yang belum makin rajin lagi belajaranya ya nak ? semagat selalu.Nah untuk hari ini kita melajutkan materi kemarin ya nak.
Materi :
1.Menganalisisis Struktur dalam Ceramah
Teks ceramah dibagi menjadi tiga bagian struktur teks,yaitu pembuka,isi,dan penutup,penjelasannya adalah sebagai berikut.
A.Pembuka
Pembuka mengenalkan isu,masalah ataupun pandangan pembicara tentang sesuatu dalam topik yang akan dibahas.Bagian pembuka ini dapat disebut juga dengan tesis.
B Isi
Bagian ini merupakan rangkaian argumen atau pendapat yang disampaikan oleh pembicara mengenai topik yang diangkat menjadi bahan materi ceramah.Bagian ini saling berkaitan dengan bagian sebelumnya yaitu tesis .Pada bagian ini argumen - argumen pembicaradiperkuat dengan fakta yang ada.Cara menentukan isi ceramah adalah dengan cara mencermati kalimat pembuka dan isi ceramah dengan saksama.Kemudian,tentukan masalahatau ide pokok dalam ceramah tersebut.
C. Penutup
Bisa juga disebut penengasan ulang kembali..Bagian penutup berisi simpulan atau rangkuman - rangkuman sebagai hasil penalaran dari pernyataan - penyataan sebelumnya.
2.Menganalisis Kebahasaan dalam Ceramah
Berikut ciri kebahasaan dalam teks ceramah.
a. Menggunakan kata ganti orang pertama dan kata ganti orang kedujamak. sebagai sapaan.Kata ganti orang pertama yakni saya,aku,mungkin juga kami apabila penceramahnya mengatas namakan kelompok.Selain itu juga menggunakan kata sapaan yang ditujukan untuk orang banyak, seperti,kalian,saudara,bapak - bapak dan ibu - ibu dan sebagainya.
b. Menggunakan istilah teknis sesuaidengan topik ceramah.
c.Menggunakan kata - kata yangmenunjukkan hubungan argumentasi (sebab akibat).Misannya jika..,maka,sebab,karena,dengan demikian,akibatnya,oleh karena itu.
d. Menggunakan kata kerja mental.
e.Menggunakankata - kata persuasif.
Nah ini materi hari ini silakan pindakan ke buku catatan bahasa indonesia.
Pesan ibu satu : Rajin pakal pandai.
Wassalamualaikum wr wb.
Cut Yusi Ratu Aulia
BalasHapusXI IPS 1
Firda irma dela putri
BalasHapusXI IPS 1
Bintang Anugrah
BalasHapusXI IPS 1
Annisa Dwi Handayani
BalasHapusXI IPS 1
Elniaa Aurra
BalasHapusXI IPS 1
Aisyah Nur Jannah
BalasHapusXI IPS 1
Artika Azzalia
BalasHapusXI IPS 1
Achmad Nugraha Ramadhani
BalasHapusXI IPS 1
Andrean prayoga
BalasHapusXI IPS 1
friza aqif arafi
BalasHapusxi ips 1
Dimas Farevi Abdullah
BalasHapusXI IPS 1
Galang Bayu Aji
BalasHapusXI IPS 1
Arya Dhanu Prasatya
BalasHapusXI IPS 1
Muhammad Afgan shaq
BalasHapusXI IPS 1
Shanaya Aulia Irvan
BalasHapusXI IPS 1
Mayang Duwi Lestari
BalasHapusXI IPS 1
Nur Yasmin Azzahra
BalasHapusXI IPS 1
Yolanda febri mulia putri
BalasHapusXI IPS 1
Tiara Eka Putri
BalasHapusXI IPS 1
Kurniawan Sidiq
BalasHapusXI IPS 1
Sihab wildan
BalasHapusXI IPS 1
M Ziddan Asshuffi
BalasHapusX IPS 1
Saddad Musyarof
BalasHapusXI IPS 1
m. ilham
BalasHapusxi ips 1
M Hafizh jaya
BalasHapusDi ips 1
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusRaditya Tri W
BalasHapusXI IPS 1
M Farhan fazli
BalasHapusXI IPS 1