Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI IPA 5
KD : 3.3 Mendeskripsikan (Permasalahan,Argumentasi,pengetahuan,dan rekomendasi ) teks Eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didegar dan atau dibaca.
Tujuan Pembelajaran : Melalui proses pembelajaran dan dengan model discovery learning dan pendekatan saintifik, peserta didik mampu menantukan isi teks eksposisi dan menyusunnya kembali dengan bahasa sendiri baik lisan maupun tulis dengan sikap tanggung jawab ,kreatif, kerja sama,dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi anak - anak ,udah sholat Dhuha kan ? mari kita
lajutkan materi kita yang kemarin.
Materi:
Mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi merupakan proses untuk menemukan pengetahuan berupa urutan kejadian.
Teks Eksposisi dapat berupa paparanberisi informasi proses penyusunan atau pembuatan suatu barang ..
Selain itu,dapat pula berisi uraian peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari hari.
Langkah mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi :
1. Ciri - ciri
2.Struktur
3. Kaidah
Ciri - ciri teks eksposisi :
1.Menggunakan gambar ,grafik,dan data untuk mendukung pendapat.
2.Terfokus pada objek yang dibahas
3. Menggunakan istilah - istilah yang berhubungan dengan suatu bidang ilmu
4.Menggunakan kata penunjuk waktu ,seperti ketika,berikutnya lalu dan kemudian
5. Menggunakan kata kau salitas (sebab akibat) dan bersyarat,seperti jika,apabila,meskipun sehimgga,akibatnya, dan dengan demikian.
Teks eksposisi memiliki struktur sebagai berikut :
1. Pendahuluan berisi pengenalan objek yang dijelaskan
2.Pembahasan berisi penjelaskan detai terkait dengan objek yang dibahas
3.Simpulan berupa inti sari bacaan yang telah dipaparkan
Kaidah - kaidah teks eksplanasi adalah sebagai berikut :
1. Penggunaan kata benda untuk jelaskan inti bahasa.
2. Penggunaan kata kerja untuk menjelaskan proses dan tahap - tahap kerjanya.
3.Penggunaan kata sambung untuk menghubungkan kalimat berupa gagasan- gagasan yang saling berkaitan.
Tetap semagat ya nak,nati kita tanyak jawan materi ini di grob kelas aja secara individu atau perorangan.
Wassalamualaikum Wr wb.
Lidia Nabela
BalasHapusXI IPA 5
Chintia indri audina
BalasHapusXI ipa 5
Natasyah Amanda Novi Syahfitri
BalasHapusXI IPA 5
Dhita Octarina
BalasHapusXI IPA 5
M.Steven Aditya Maryono
BalasHapusXI IPA 5
Amanda Intan
BalasHapusXI IPA 5
Mutiara Ajeng
BalasHapusXI IPA 5
Daffa alpattah dhenata
BalasHapusXI IPA 5
Nana Marsanda
BalasHapusXI IPA 5
Ammar Zahirah A.I
BalasHapusXI IPA 5
Deva Rifal Adhari
BalasHapusXI IPA 5
Benardy Fatih Wicaksono
BalasHapusXI IPA 5
Azianisa Eka Al Yhasa
BalasHapusXI IPA 5
Nuzula Ratu Lediana
BalasHapusXI IPA 5
Andrea Wijaya
BalasHapusXI IPA 5
Anita Putri
BalasHapusXI IPA 5
Wahyu Dwi Iswantoro
BalasHapusXI IPA5
Rdia permatasari
BalasHapusXI ipa 5
Ridho Bagas prayoga
BalasHapusXI IPA 5
Nensi ervila p
BalasHapusXI ipa 5
M. Dany Nurdin
BalasHapusXI IPA 5
Rafa Muhammad Rayhan
BalasHapusXI IPA 5
Fitra
BalasHapusX IPA 5
Tristia Mei Rinanda
BalasHapusXi IPA 5
Cantika Dina
BalasHapusXI IPA 5
Alya Aida Salma
BalasHapusXI IPA 5
Ayu Nabila febyana
BalasHapusXI IPA 5
Zidan Habib
BalasHapusXI IPA 5
Alan Saputra
BalasHapusXI IPA 5