Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI IPA 4
KD : 3.3 Mendeskripsikan (Permasalahan,Argumentasi,pengetahuan,dan rekomendasi ) teks Eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didegar dan atau dibaca.
Tujuan Pembelajaran : Melalui proses pembelajaran dan dengan model discovery learning dan pendekatan saintifik, peserta didik mampu menantukan isi teks eksposisi dan menyusunnya kembali dengan bahasa sendiri baik lisan maupun tulis dengan sikap tanggung jawab ,kreatif, kerja sama,dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi anak - anak ,udah sholat Dhuha kan ? mari kita
lajutkan materi kita yang kemarin.
Materi:
Mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi merupakan proses untuk menemukan pengetahuan berupa urutan kejadian.
Teks Eksposisi dapat berupa paparanberisi informasi proses penyusunan atau pembuatan suatu barang ..
Selain itu,dapat pula berisi uraian peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari hari.
Langkah mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi :
1. Ciri - ciri
2.Struktur
3. Kaidah
Ciri - ciri teks eksposisi :
1.Menggunakan gambar ,grafik,dan data untuk mendukung pendapat.
2.Terfokus pada objek yang dibahas
3. Menggunakan istilah - istilah yang berhubungan dengan suatu bidang ilmu
4.Menggunakan kata penunjuk waktu ,seperti ketika,berikutnya lalu dan kemudian
5. Menggunakan kata kau salitas (sebab akibat) dan bersyarat,seperti jika,apabila,meskipun sehimgga,akibatnya, dan dengan demikian.
Teks eksposisi memiliki struktur sebagai berikut :
1. Pendahuluan berisi pengenalan objek yang dijelaskan
2.Pembahasan berisi penjelaskan detai terkait dengan objek yang dibahas
3.Simpulan berupa inti sari bacaan yang telah dipaparkan
Kaidah - kaidah teks eksplanasi adalah sebagai berikut :
1. Penggunaan kata benda untuk jelaskan inti bahasa.
2. Penggunaan kata kerja untuk menjelaskan proses dan tahap - tahap kerjanya.
3.Penggunaan kata sambung untuk menghubungkan kalimat berupa gagasan- gagasan yang saling berkaitan.
Tetap semagat ya nak,nati kita tanyak jawan materi ini di grob kelas aja secara individu atau perorangan.
Wassalamualaikum Wr wb.
Ambun putri qatrunada
BalasHapusXI IPA 4
Andini Rahma Kemala
BalasHapusXI IPA 4
Bulan Nabila Maharani
BalasHapusXI IPA 4
Putri Aprilia
BalasHapusXI IPA 4
sabrina chantika putri
BalasHapusxi ipa 4
Nazwa Andini
BalasHapusXI IPA 4
Tiffany Wahdamevia
BalasHapusXI IPA 4
Charina Shelviani
BalasHapusXI IPA 4
Artika zahra a.s
BalasHapusXI ipa 4
Calista manda w
BalasHapusXI ipa 4
Delta atita
BalasHapusXI ipa 4
Jihan mutia a
BalasHapusXI ipa 4
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusDandi Junaedi
BalasHapusXI IPA 4
ALIFIA ZAHRAH BILQIIS V
BalasHapusXI ipa 4
Hani Gita Salsabila
BalasHapusXI IPA 4
Angken Kesuma Dewi
BalasHapusXI IPA 4
Joko Prayogo
BalasHapusXI IPA 4
Nadira isaura XI IPA 4
BalasHapusTri Febrianto
BalasHapusXI IPA 4
Qinthara Farrasalya
BalasHapusXI Ipa 4
Shani raka abdullah
BalasHapusXI IPA 4
Zeki dimas Saputra
BalasHapusXI IPA 4
Najwa Syahirah R.
BalasHapusXI IPA 4
MICHA DAMAYANTI
BalasHapusXI IPA 4
Elisa Anggraini
BalasHapusXI ipa 4
Noval bagas satria
BalasHapusXI IPA4
Ahmed Desta sandriko musdazasulin XI IPA 4
BalasHapusAdhitya septian nugroho
BalasHapusXI IPA4
Yulia kamila
BalasHapusXI ipa 4
Nurul ismania
BalasHapusXI IPA 4
Aryo Bagaskoro R
BalasHapusXI IPA 4
Muhammad Rizki Maulana XI IPA 4
BalasHapusJernicho alvindo XIipa4
BalasHapus